Sungguh tak sederhana meringkas prestasi profesional Dr. Iin Handayani. Beliau adalah Assistant Professor di Murray State University, Kentucky, Amerika Serikat dengan keahlian unik dan inspirasional dengan menggabungkan antara aspek gender dengan kelangsungan lingkungan hidup. Pada tahun 2001, beberapa penelitannya di bidang lingkungan dan gender, antara lain tentang produksi dari sampah solid pembuatan tahu dalam meningkatkan keahlian dan peningkatan pendapatan perempuan di Bengkulu. Di tahun yang sama, beliau juga melakukan penelitian tentang strategi peningkatan pendapatan perempuan dari inovasi pemprosesan ekstrak rumput laut di pesisir Bengkulu. Dr. Iin Handayani juga banyak melakukan penelitian yang di support oleh lembaga-lembaga internasional seperti JICA, USAID, Asia Development Bank, World Bank, maupun dari Fulbright.

Selain dikenal inovatif dalam merancang mata kuliah, Dr. Iin Handayani juga meraih berbagai penghargaan baik dari luar maupun dalam negeri. Diantara sederetan penghargaan yang diraihnya, tahun 2011 Dr. Iin Handayani juga meraih penghargaan “The Mentor of the Golden Opportunity Scholar Crop Science Society of America, Soil Science Society of America, Agronomy Society of America; tahun yang sama beliau juga meraih penghargaan “Murray State University Distinguished Mentorship Award” dalam kategori “Perempuan Berprestasi”.

Di tengah jadualnya yang padat, Dr. Iin Handayani masih menyempatkan diri menulis cerita pendek dan novel, yang dalam waktu dekat akan segera diterbitkan. Doktor lulusan Universitas Kentucky yang meraih gelar Sarjananya dari Gadjah Mada Fakultas Pertanian ini, tahun 2003 juga meraih gelar The 2nd Best Researcher Award untuk katergori Lingkungan dan Technologi dari majalah INTISARI. Karena deretan prestasi akademiknya, beliau juga mendapat kehormatan sebagai anggota perkumpulan bergengsi Phi Kappa Phi and Gamma Sigma Delta di Amerika Serikat.